Memaknaai bismillah secara sederhana

Memaknaai bismillah secara sederhana banget dari seorang tukang cincau. dia mendaatkan nasehat ini dari temanya yang sudah sukses dan bekerja di Inggris. Memaknai kalimat yang selalu ada di setiap pembukaan Al Quran ini secara sedehana sipatnya praktis.


Kita sudah tahu artinya yaitu dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang nah untuk memahami ayat Al quran ini adalah dengan membuktikan bahwa Allah itu memang yang Rahman Dan rahim, jadi kita bertanya pada diri kita sendiri sudahkan kita merasakan kebaikan dari yang maha pemberi kebaikan di dunia dan aherat ini? Ternyata dengan membuktikan bahwa Allah itu Rahman dan Rahim itu menjadi power tersendiri memang pembuktianya harus sampai pada “oh,, ternyata benar”. Kalau saya istilahkan ada momen waw. Metode ini saya baru tahu karena biasanya untuk memahami Al quran kita bahas bahasa arab tafsir dan sebagiman belum langsung ke ranah praktek. Dengan kata lain jika kita sudah benar-benar merasa bahwa ya Allah ada, dan maha pengasih lagi maha penyayang itu benar adanya doa kita seperti beberapa kali lipat memilki kuatnya.

Untuk menyederhanakan ini marilah kita melihat hidup kita. Ya dari mulia lahir sampai sekarang apakah sadar kalau hidup kita selama ini ada campur tangan dari Allah dan Membuktikan Allah yang maha pengasih lagi penyayang. Ketika saya mendengar kalimat ini pikiran saya menerawang ke masa lalu dan mulai mnsyukuri hidup. memang bukan hal yang luar biasa banget.

Saya teringat dahulu saya bukan saiap-siapa saya pikir hidup saya akan saya jalani dengan sederhana simple saja, sekolah, lulus, kerja, mungkin di pabrik kemudian berumah tangga dan menghadapi masa tua.. namun Allah ternyata memberi rahmatnya kebaikan pada saya. Sekarang saya sampai ke bogor, pekerjaan yang lumayan, istri yang cantik dan solehah, keluarga yang baik dan teman yang mengingatkan pada Islam. Ini adalah pencapayan yang sebenarnya sudah luar bisa untuk sekelas saya yang dari kampung dan banyak dosa ini. Kadang kalau berpikir kesana rasanya malu kalau gak bersyukur.


Mungkin sesederhana itu kita bisa menerjemahkan kalimat Bismillah hirahman nirahim dalam perjalanan hidup kita. Dengan menerjemahkan bismillah ke dalam kehidupan kita ini menjadi power yang kuat dan dasar pertama perubahan hidup kita insya Allah

Posting Komentar