Kesuksesan itu bertumbuh

Bertani dan menanam beberapa kali di sebutkan dalam Al quran tentu karena mengandung hikmah yang besar di sana. Di tulisan kali ini saya bukan membahas itu melainkan kehidupan kita, kebaikan dan bahan keberhsilan kita sebenarnya seperti menanam.

Anda akan sangat kagum melihat pohon besar yang kokoh yang bertahan puluan bahkan rastusan tahun. Namun apakah anda pernah berpikir bahwa pohon sebeasar apapun mereka pernah kecil? Di remehkan, bisa saja mati, bisa saja terinjak, dan bisa saja sebelum dewasa sudah kena penyakit. Namun anda menyaksikan pohon ini besar dan rindang bahkan buahnya lebat. Selayaknya keberhasilan juga sepert pohon besar tadi mungkin kita melihat orang yang kaya dan usahanya raksasa, namun apakah anda berpikir mereka juga pernah kecil dulu, di remehkan orang dulu, di injak berjuang sekuat tenaga untuk hidup? Harusnya kita berpikir tebuka kita bukan melihat suksesnya sekarang tetapi juga kesulitanya di masa lalu.

Jadi sebanarnya apa sukses itu? Keberhasilan  yang berawal dari kecil dan trus membesar mungkin itu kalimat sederhananya. Lalau apakah kita sudah memiliki benih keberhasilan itu?

Bukan hanya benih anda juga membutuhkan lingkungan, tanah, cuca pupuk dan perawatan untuk menumbuhkan biji itu. bisa jadi memang tumbuh tapi tidak sesui dengan apa yang di harapkan. Biji keberhasilan itu adalah ide. Dan suburnya pupuuk adalah tekad, dan perwatanya adalah sabar dan tanah yang subur adalah lingkungan. Ketika dalam pikiran kita telah tumbuh sebuah ide gagasan mimpi, maka taruhlah di lingkungan yang baik. Sayaa teringat dengan seorang yang ingin jadi seorang bangkir padahal latar belakang sekolah dan orang tuanya tidaka ada keturunan dengan bangkir namun dia sangat menginginkan itu. apa yang dia lakukanya ? Sedehana tapi manjur dia mencari perumahan yang banyak bangkir dan dia tingal di situ. Dan ahirnya dia menjadi seorang bangkir. Kita tahu lingkungan berpengaruh besar maka sebenanrya kalau kita sudah berketetapan tentnag sesuatu maka cari lingkungan yang sesuai untuk itu.


Tanaman anda butuh nutrisi untuk bisa tumbuh kembang maka pupuklah dengan tekad yang kuat agar impian itu membesar dan semakin kokoh. Dan terahir rawatlah dengan kesabaran mudah mudahan tumbuhan itu bisa menjadi pohon yang besar dan kokh, yang bisa di ambil manfaatnya. 

Kesuksesan itu bertumbuh