Tepat pukul 00 tengah malam ini mata engan memejam sebelum menuturkan sebuah kita ini. Kisah dari para sahabat nabi yang mungkin sudah pern...
Jika bertemu Rasull apa yang kamu minta doakan ?

Jika bertemu Rasull apa yang kamu minta doakan ?

Tepat pukul 00 tengah malam ini mata engan memejam sebelum menuturkan sebuah kita ini. Kisah dari para sahabat nabi yang mungkin sudah pernah kita dengar, tapi tidak mengapa kalau saya tuturkan kembali dan coba mengambil hikmahnya..

Di jaman rasull ada seorang sahabat yang rajin ke masjid untuk shalat namun dia tidak pernah lama ketika selesai salat langsung pulang, tidak pernah ikut berzikir terlebih dahulu. Ini sering di lakukan sampai rasul memperhatikan dan menegurnya, wahai saudaraku kenapa kau selalu terburu-buru ketika selesai shalat kau tidak pernah berzikir terlebih dulu? “ tanya rasull

Sahabat ini menjawab” wahai rasull yang mulia bukan aku tak mau berzikir tapi istriku menunggu giliran kain yang ku gunakan” rupanya sahabat Cuma memiliki satu kain yang di gunakan bergilir untuk menutup aurat dan melaksanakan shalat. “ ya rasull, kaulah nabi pasti doamu di dengar Allah doakan lah aku akar jadi kaya raya, agar aku bisa khusu shalat dan berzikir” sahut sahabat ini karena ingin lepas dari kemiskinan” namun rasul tersenyum dan menasehati “sesunguhnya keadanya mu sekarang adalah yang terbaik untuk mu” sahabat ini pun lantas berlalu.

Ke esokan harinya. Sahabat ini datang kembali ke pada rasull dan mengunkapkan hal yang serupa seperti halnya kemari. Agar dia di doakan jadi orang kaya dan berkecukupan agar dia bis khusu menjalankan perintah Allah dengan hartanya. Namun lagi-lagi rasull menjawab hal yang sama seperti kemarin. Bahwa keadaan mu sekarang adalah yang terbaik untukmu.

Berlanjut esok hari, terus menerus sahabat ini tidak bosan meminta kepada rasull untuk di doakan menjadi kaya raya dan berkecukupan. Sampai rasull mendoakan salahabat ini sesui dengan keinginan nya, rasul hanya mengankat tangan sebentar dan selesai. Kemudian rasul menitipakan seekor kambing yang tengah bunting.

Sahabat ini senang bukan kepalang karena apa yang dia inginkan telah di penuhi oleh rasull. Doa rasul sebentar dan singkat namun cepat terkabul. Sampai kambing tadi melahirkan. Kemudian bunting kembali kemudian melahirkan lagi,, dan dengan cepat kambing sahabat ini bertambah banyak. Tiba tiba sahabat ini mulai telat ke mesjid, mulai tidak bejamaah, bahakan hanya terlihat jumatan saja. Sampai rasul bertanya kanapa sahabtku yang dulu kemesjid kita jarang terlihat. Sahabat lain menjawab sudah sibuk dengan kambingnya (hartanya) sampai rasull menyuruh sahabat lain untuk mengambil zakat mal nya.

Namun di luar dugaan sahabat ini menolak, sampai rasul berkata “celaka sahabatku ini” di riwatkan sahabat ini hendak membayar zakat namun rasul menolak. Sampai zaman abu bakar, zaman umar, tidak ada yang mau menerika zakatnya hingga ahir hayatnya.

Saya mendengar kisah singkat nya demikian. Ini saya dengar waktu umur sd atau smp hanya sebatas cerita saya pikir. Namun sekarang cerita itu menjadi cermin hari ini ketika masa berkeluarga, pertanyaan yang menarik adalah. Jika kita bertemu rasull doa apa yang kita minta? Di tengah perekonomian yang tidak mudah zaman sekarang tidak di pungkiri kita akan minta kaya.
Walau kehidupan kita tidak sesulit sahabat tadi Cuma pertanyan selanjutnya ketika kita mindo di doakan kaya dan berkecukupan kepada Rasull supaya kita bisa lebih khusu dan banyak beribadah. Kira-kira apa jawaban rasul. 

Jika kita tahu kisah tadi maka kita sudah tahu jawabanya. Atau di perjelas. Bahwa keadaan sekarang yang kau keluhkan ini adalah yang terbaik yang Allah berikan pada mu. Kamu percayakan kalau Allah memberikan sesuatu pasti yang terbaik buat hambanya.
Hikamah yang akan kita petik seperti ustz menuturkan kisah ini. Kita belum tentu sangup mendapat ujian itu, kesempitan ujian kelapangan ujian, kemiskinan  ujian, begitupun kekayaan ujian. Bisa jadi kita mampu mengarungi kesulitan dengan mengingat Allah dan memperbaiki diri namun jika semua di mudahkan Allah akan kah kita masih ingat Allah. Atau justru meningalkan Allah karena sudah mampu sudah berasa cukup.


Inalilahi ini bukan menyelamatkan kita justru malah menjerumuskan kita jauh dari Allah. Maksud saya tidak menafikan keinginan tersebut Cuma kita di persiakan lebih terlebih dahulu sebelum berkeinginan lebih. 
Read more »
Belajar sejarah menjadi alat ukur seorang muslim

Belajar sejarah menjadi alat ukur seorang muslim

Ok beberapa hari saya mikir tentang hakekat seorang muslim, kenapa bisa ke pikiran begitu,, bro kalau lo denger ceramahnya ust budi ashari,, kamu kaya di bawa ke alam lain ke atmosfir lain gitu,, kamu gak akan pernah ngerti dan bisa membawayangkan apa yang di omongkan ust ini bisa terjadi di dunia nyata. Iya kalau kita dengar dengan full semua kita akan tahu jawabnya bagaiaman.

Kenapa saya bilang di bawa ke dunia lain atau atmosfir lain karena akan jauh dari dunia sekarang karena yang beliau bawakan itu akan bwa kita ke sejarah dahulu, keadaan jaman dulu yang idel dan nyaman banget gak seperti sekarang, baik dari aspek muslim maupun non muslim lah. 

Yang mengangu pikiran adalah, kita menilai sesuatu atau mengukur sesuatu pasti ada tolak ukur pembanding, kita gak mungkin ngukur sesuitu tanpa mengunakan pembanding katakanalah cm, m pengaris dll satuan ukur dan alat ukur kaya gitu, (ini pelajaran smp aku yang pertama masih ingat aja)
Nah alat ukur inilah yang ternyata yang menentukan hidup kita. Kita menilai baik, tidak baik, keren, bagus jelek semua itu ada pembandingnya.. kita angap bagus karena kita belum lihat saja ada yang lebih bagus kalau kita tahu maka yang kita angap bagus bisa jadi jelek.

Dulu itu nonton power ranger keren banget, nah sekarnag udah gede waduh nora banget kroykan mulu, karena kita sudah berpindah pembanding penilayan jadi sesuatu itu berubah nilainya karena pembandingnya lebih keren.

Nah kita anggap hidup jaman sekarang bisa baik, buruk atau ini yang terbaik itu tergantung ukuranya apa, perut, kekayaan, tampilan atau apa. tentu kalau islam ya toak ukur ketaatan, pada perintah Allah semakin banyak aturan al Quran yang di terapkan semakin ideal bukan karen itu tolak ukur nya, gampang seorang muslim mah,

Karena kita terpisah lebih dari 14 abad dengan Rasull al Quran terus berkembang dengan tafsiran yang tidak pernah usang, kejayaan dan keberhasilah islam telah di lalui jadi itu adalah bukti idela dari kehidupan seorang mulim ya. Ketika itu terekam sejarah dan di ceritakan ualang jadi benar-benar berbanding terbalik dengan keadaan islam saat ini.


Yang dirindukan itu bukan hanya jaman seperti itu tapi juga yang pemahaman yang sempurna dan memahamkan orang lain tenteng hal itu dan bersama mewujudkan itu, itu menjadi projec yang cukup berat kalau bukan kebersamaan napaknya. 
Read more »
Menulis lucu,,,

Menulis lucu,,,


Hal yang tersulit saat ini adalah di minta menulis lucu... entah tulisanya lucu atau penulis yang mencoba melucu. Kenapa saya katakan sulit karena tidak tahu respon pembaca kalau lucuc saya lanjutkan kalau tidak ya sudah lah,,

Sementara kalau saya ngomong orang ketawa berarti lucu kalau tidak ya tidak. Sulit juga karena butuh mood yang beda untuk buat tulisan lucu dan tidak setiap hari mood nya sama saya mikir kalau orang yang bikin tulisan sedih juga mesti ngais gak ya,, beberapa penulis mengatakan iya jadi dengan emosional

Jadi kalau ada orang depan laptop lagi ngetik gak jelas kemudian ketawa ketiwi mungkin dia sedang menulis scrip stand up komedy,, tapi agak aneh juga ya. Namun bagaimana pun tulisan renayah ringan dan bisa bikin ketawa tu di butuhkan banyak orang, dan bisa jadi selihan ketika melihat sosial media yang itu-itu aja,,, ibarat kata bosen,,

Oh ya konten yang viral biasanya sebuah foto, video kadang tulisan terahir saya ingat tulisan yang viral adalah tulisan copas.. wah bukan isnya Cuma kasusnya yang viral. Saya lihat tulisan tanpa foto kurang lengkap. Begitu juga kalau Cuma video atau foto tanpa ada keterangan juga aneh banget rasanya kaya makan gak page garem, jadi tulisan ada posisi tersendiri karena keterangan lengkap itu ada di tulisan.

Sampai tulisan ini ada yang lucu.. belum kan karena saya tidak sedang melucu.

Read more »
Ramadhan ngangenin..

Ramadhan ngangenin..


Rindu itu berat biar aku saja, sempat popular mungkin sampe sekarang perkataan dilan ini. Jika berbicara kangen kita akan hubungkan dengan orang, atau Sesutu yang menyenagkan yang jarang di temukan kayaknya istilah ini pantas di sematkan di ramadhan,, bukan saya jaman now aja ramadhan di rindukan zaman rasull juga ramadhan selalu di rindukan di nanti, kenapa? Ada yang tahu
7 hal yang membaut ramadhan di rindukan

Perama tentu pahalanya yang berlipat ganda dan ampunan
bagaimana tidak orang yang shalat sunat akan di ganjar wajib apalagi yang wajib sedekah tahud baca quran, semua berlipat ganda amalan yang tidak ada di bulan lain memberi buka bagi yang puasa yang ganjaranya seperti orang berpuasa
Jadi bias di katakana bulan ramadhan adalah bulan diskon,, pahala bukan potongan tapi tambahan bias 10%100% atau terserah allah sebagaimana allah katakana puasa aku yang balas salah satu ibadah yang tidak di bocorkan balasanya seperti apa karena ibadah lain bias di lipatkan 700 kali puasa bias lebih, atau malah sebaliknya hanya dapat haus dan lapar saja sangat rugi 

Kedua bulan berkah dan terkabulnya doa
Bagaimana tidak bulan ramadhan orang yang tidak ke masjid saja kalau ramadhan ke masjid ikut suka cita ikut puasa hari0hari di penuhu dengan ibadah, baca quran qiamulalil taraqih,, thr juga termasuk.. bahkan perekonomian bias meningkan hingga 3 kali lipat luar baisa
Silaturahmi berkumpul dengan keluarga dekat dan jauh,, 

Ketiga bulan pelatihan
Memang berat puasa karena di jalankan selama 1 bulan,, seorang baru masuk islam bias berpikir 2 kali puasa sebulan penuh,, gak kebayang, namun karena iman yang berbicara di laksanakan alhamdulilah dengan ke berkahan tidak ada yang mati kelaparan bahkan makan sahur tadi pagi bias bertahan sampai dzuhur, ashar yang baisanya kita gak berhenti makan dan jajan di bulan buasa semua berubah,, ini menjadi bualn pelatiahn kalau hanya sekedar puasa yang melatih lambunya
Namun alquran menjelaskan bualan ramadhan adalah pelatiha keimana dan hasilnya adalah ke tawqaan ada orang yang ali sepakbola,, di anya apa rahasinya sering latihan, ada yang orang yang pintas di kelas jawabanya sering latihan soal, ada yang jagi main game di hp Karen sering latiahn semua dengan latihan jadi meningkat jadi lebih baik jadi bulan ramadhan adalah bulan peningkatan dan bulan yang membaikan 

Keempat bulan kemesangan
Di al quran maupun tidak pernah di sebutkan kata negative seperti kekalahn bulan sial dll punya ada keberuntungan dan kemenangan bulan ramadhan menjadi bulan kemenangan karena bertarung mengendalikan hawa nafsu,, keingainan yang berlebihan,, saya ingat bulu pengen punya hp sudah punya ya gitu doing malah jadi bosen, pengen punya motor udah punya oh Cuma gitu doing.. yang sipatnya ingin Cuma nafsu saja bukan kebutuhan,, maka dengan bulan ramadhan kita belajar mengendalikan itu. Ketika puasa pengan mana ini makan itu ternyata setelah masuk air kurama, kolak dan gorengan semua udah gak masuk gak ke makan karena ternyata nafsu doing,, itu yang harus di kendalikan,, karena Cuma dia kita mengendalikan nafsu atau nafsu itu yang mengendalikan kita maka di bulan ramadhan adalah bulan penaydaran diri kita bakal jadi robot kalau tidka mnyadari nafsu yang diturutkan buakn di kendalikan 

Kelima ramadhan terbatas
Bulan yang hanya datang sekali setahun patut lah di rindukan, belum lagi umur kita nampe apa tidak ke bulan selanjutnya, jika kita sia-siakan dengan hal yang tidak bermanfaat maka rugilah kita 

Keenam bulan turunya al quran
Bualan ramadhan menjadi mulai dan sangat berbeda bukan hanya puasnya saja karena al quran di turunkan di bulan itu,, bahkan jika quran di turunkan di bulan jul hijah maka pusa di bulan itu, alquran bukan hanya kitab suci tuntunan ibadah tapi ini mukzizat bukti kenabian
Yang artinya ini adalah hal yang luar biasa sebagaimana nabi musa bias membelah lautan atau nabi isa bias menyembukan orang buta, nab Ibrahim selamat dari api 

Alquran kenapa jadi luar biasa bias kita lihat alquran dari zaman nabi sampe sekarang begitu saja teks nya tidak ada refisi atau penambahan atau pengurangan Karen allah yang jaga al quran,, bukankah itu mukzizat ,, dari segi makna sgi bahasa orang arab paham al quran berbeda dengan hadis 

Dari segi teknologi alquran bias menjadwab bahkan mengetahui sebelum teknologi cangih,, muncul dan alquran menjadi petunjuk dan hidayah bagi yang allah kehendaki,, kedahsyatan al quran di bukatikan dengan islam menguasai 2/3 dunia, dengan damai tidka da penjajahan atau pemaksaan masuk islam

Read more »
MENIKMATI SEJARAH DENGAN MENYENANGKAN

MENIKMATI SEJARAH DENGAN MENYENANGKAN

Kids jaman now kalau berhadapan dengan sejarah pasti pada ngeri. Terbayang memusingkannya harus mengingat angka tahun dan tanggal. Padahal sejarah bukan cuma tahun dan tanggal. Ada kisah, hikmah, dan pelajaran di baliknya. Apalagi sejarah hidup Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wasallam, pastinya sangat AMAZING

Buku terbaru karya Sayf Muhammad Isa @sayfghazi ini menuturkan kembali kisah hidup sosok yang amat menakjubkan ini dengan asyik dan seru. Dipadukan dengan halaman-halaman full colour, ilustrasi, dan infografis, menjadikan menikmati sejarah Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi lebih asyik

Pemesanan
 
0895-3926-91242




Judul: THE AMAZING RASULULLAH
Penulis: Sayf Muhammad Isa
Penerbit: Ghazi Publishing
Ukuran: 14,5 cm x 21 cm
Tebal: 108 Halaman full colour
Harga: Rp. 65.000

mau harga diskon?

Beli 10 buku sampai 20 buku diskonnya 20%
Beli 21 buku sampai 30 buku diskonnya 25%
Beli 31 buku sampai 49 buku diskonnya 30%
Beli 50 buku ke atas diskonnya 40%

Beli 1 buku sampai 9 buku nggak dapat diskon.
Read more »
IQRA bacalah... modal perubahan

IQRA bacalah... modal perubahan



Iqra itulah seruan yang pertama kali dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Jika kita membca terjemah maka akan di artikan baca,, atau kata perintah bacalah. Kalau kita memahami hanya dari bahasa indonesia terjemah saja tentu hikmah atau kandungan yang di maksud Allah tidak akan terlihat harus di lihat dari bahasa arab itu sendiri. 

Yang menarik adalah ketika pertama al Quran itu turun bagaiaman keadaan jaman itu?
Ya keadaan jaman itu sedang penuh kemusyrikan penyembhan berhala, yang terang-terangan di depan kabah. Sekiranya kita hidup di zaman itu kemudian kita di tanya untuk merubah budaya kemusyrikan itu apa yang akan anda lakukan. Cara sederhana dan paling terpikir adalah menghancurkan berhala tersebut jadi mereka tidak akan menyembah berhala. 

Itulah jawaban logika manusia bukan jawaban wahyu dari Allah. Kita menganggap itu benar menghancurkan berhala ya benar namun anda bisa di kejar-kejar dan di bunuh ramai-ramai terbukti zaman nabi Ibrahim. Apa yang harus di lakukan untuk merubah suatu kaum maka jawaban al quran adalah bacalah, dengan nama ALLAh. Dari sini kita tahu dan mendapat pelajaran banyak bahwa perubahan itu tidak akan bisa di capai kalau tidak perubahan bacaan apalagi tidak bisa baca lebih jelasnya lagi perubahan ilmu. Yang menjadi pikiran.

Perubahan terjadi ketika ada perubahan ilmu, pemahaman pikiran baru bisa terjadi. Dan Al Quran menyuguhkan perubahan yang dramatis dan luar biasa. Itulah mukzizat al Quran. Bukan hanya bacaan memang itu petunjuk kehidupan.
Read more »
Nomongin Gajih Bulanan

Nomongin Gajih Bulanan



Bismillah..
Mau curhat dikit ah,,, jadi beberapa bulan yang lalu pendapat saya kurang cukup drastis karena saya bekerja dengan cara bagi hasil yang hasilnya jika penjualan atau order turun otomatis penghasilan turun juga, nyesek iya, ngutang pasti. Mau bagaiaman lagi. Alhamdulilah ini jadi pelajaran buat saya agar tidak bergantung dari itu saja, karena kalau itu kurang atau mungkin hilang pusing juga kepala.
Saya gak tahu apa saya aja atau pembaca juga demikian. Punya penghasilan gaji missal yang sudah pasti ketahuan tiap bulan namun ketika gajian bukanya setang dan tenang malah pusing duluan bukanya sukur malah makin kurang. Nah ini pasti ada yang salah, 

Kalau ada pikiran demikian pasti pertanyaanya adalah usaha apa ya buat bisa nambah uang bulanan atau uang harian? Jika anda bertanya pada saya, jujur saya juga sedan bertanya.
Jika kita sudah ada kesibukan mencari nafkah dengan bekerja dan itu benar-benar menyita waktu kita selama seminggu jadi sudah tidak mungkin kita jualan lagi buka toko missal atau jadi jualan asongan karena itu butuh waktu, jika meningalkan pekerjaan untuk pekerjaan yang belum menghasilkan akan cukup beresiko jadi yang sudah ada aja kurang apalagi pindah pada yang belum jelas. Kira-kira itulah kesimulan kalau saya ngobrol sama teman saya,

Tapi harus ada pemasukan yang lain,,, 

Memang mau tidak mau harus jualan ,, namun tidak di toko biasa melainkan toko online. Baru baca udah langsung bilang wah saya gaptek. Itu bukan halangan itu motivasi untuk belajar sebenarnya.
Baiklah itu rekomendasi saya untuk pendapatan tambahan. Kalau yang lain ada? Saya dengar dari istri saya ada kerjan lain yang tidak terlalu menyita waktu kerja anda . apa itu.? Driver online apa gojek, grab dll mau motor mau mobil. Ya itu juga bisa jadi referensi silahkan. Namun saya tidak bisa jelaskan mekanismenya bagaiman pendaftaran syarat dll. Soalnya saya tidak tahu. 

Nah kalau jualan online bolehlah saya berbagi sedikit ilmu saya karena saya juga masih belajar. Sebenarnya kalau mau belajar udah banyak yang lebih hebat dan mudah di akses ketimbang saya. Cuma mudah-mudahan dengn baca tulisan ini bisa menjadi penyambung lidah untuk ke guru yang lain. 

Nah sekarang sudah ada di pikiran anda mau jualan apa? Sebenarnya jualan online juga perlu waktu anda buat belajar ya. Jadi gak sekedar mengeluarkan uang kemudian jadilah usahanya., namun anda harus bangun oleh anda sendiri. Tentu itu perlu ilmunya., dan dengan membaca tulisan ini saja tidak akan bisa wujudkanya, harus ada actionya, 

Bagaiaman actionya. ?
Saya tegaskan anda perlu uangnya juga perlu waktu anda untuk belajar kalau anda tidak keluar modal ya gak bisa, atau anda mengeluarkan banyak uang tapi anda gak pelajari karena sibuk gak ada waktu ya anda juga gak akan dapat apa –apa.  

Saran saya anda mengikuti kursus,, wah gak ada waktu sibuk? Bukan harus kursus seperti orag les private. Tapi anda cukup nonton video saja, anda praktekan gampang kan. Anda bisa nonton saja,
Oh jadi nonton di youtube aja gitu?

Ya itu bisa tapi kan gak teratur gak berpola gak ada langkah –langkah ngacak apalagi kalau anda tikda focus bukanya nonton video belajar online malah video gak jelas karena lebih seru lucu. Kuota habis ilmu gak adapat lagi,,, 

Jadi harus video yang focus berpola da nada langkah-langkahnya, setelah itu pengembangan bisa cari di youtube yang berhubungan dengan itu, gak percaya buktikan deh, ,,, saya sudah,
Nah jadi apa dong?? 


Study Case 102 Penjualan dalam 2 Hari
saya tidak tahu ini bisa membantu adan atau tidak.. tapi semoga itu jadi bentuk usaha, solanya kenapa? Kalau kita ingin uang yang lebih tapi masih diem aja gak ada usaha ya gak akan ada perubahan, walaupun doanya keceng. ,,, mau di Kabul bagaimana kalau kita sendiri menghalangi doa itu 

siapa tahu jadi jodoh dan bisa belajut atau malah bisa meningalkan pekerjaan sekarang karena kerjaan yang di kira sampingan bisa menghasilkan lebih, itu aja makasih yang udah baca dari awal hingga ahir semoga manfaat 

salam hangat @ridawanfan
Read more »
Beranda