Sebuah Cerpen Naam story



Perkenalkan
Naam adalah anak sd ya kelas 6 sd bahkan dia bisa di katakan baru belanjak kelas 6 sd. Sekolah mahal? Tentu bukan dia hidup di sebuah pekampungan biasa dengan kota bisa dan daerah biasa. Orang tua? Alhamdulilah orang tua lengkap. Dia adalah anak pertama dari 3 bersaudara ada hani kela 3 dan fuad baru masuk tk. Naam memilki kelarga yang baisa dengan keseharian biasa. Namun tungu dulu keseharianya gak biasa sih ada saja hal yang aneh absur dan sesu membuat yang mendengar ceritanya jadi pengen menkerutakan dahi atau sekedar tersenyum atau mungkin ngakak karena itulah si naam,


Kultum Di kelas
Sudah jadi kebiasaan di sekolah itu setiap juamt guru menjadwalkan murid untuk kultum di kelas masing masing. Dan di kelas naam dialah yang terpilih. Pertama naam kadang jadi orang pemalu tiak mau tampil di depan umum apalagi bicara depan umu walauu itu hanya di kelasnya sendiri namun guru sudah menunjuk mau bagaimana, kedua teman sekelasnya sudah lama penasaran bagaiman naam kalau pas di depan menyampaikan kkultum pasti seru karena sebenarnya naam orang yang bisa di katakan anak yang cukup kocak sehingga teman sekelasnya kadang memangilnya gekgek stone. Gek gek itu adalah sura tertawa namun stone itu diam jadi kadang bikin tertawa kalau orang baru akan mengagapkpnya seperti batu karena pendiam.

Sekelas sudah reme seperti baisa sampai guru berusaha keras untuk menenangkanya semantara itu naam duduk di pojokan membaca sebuah buku kusam yang sudah tak ada covernya dan dari judulnya terbaca “ 30 Khutbah jumat” pak syar’i menahan tawa melihat kelakuan si naam. Untuk mempersiapkan penampilan perdanaya dia harus meminjam buku khutbah yang lusuh itu. Dia kira mau khutbah jumat” dalam hati pak syar’i

Baik, tenang semuanya ! asalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh...
Waalikum salam waroh matullahiwabarokatuh

Seperti yang sudah kita sepakati, sebelum acaara belajar mengajar pagi ini akan ada kultum kuliah tujuh menit dan kalian tahu siapa giliran hari ini

Naam........... (anak sekelas rame)
Ya silahkan naam kedepan

Naam nampak kalem, mendengar teriakan teman temanya dia bergegas ke depan kelas dengan mebusungkan dada dengan semangat bung karno yang akan menyampaikan proklamasi. Teman sekelas tepuk tangangn pak syari hanya tersenyum kecil pada naam. Dan dengan penuh semangat
“ asalamualikum warohmatullohiwabarokatuh...

Asolatu walamu ala asrofil ambiyail mursalin waala alihi wasobihi wasalim ama ba’du”
Pujisukur kepada Allah yang telah meberikan kita nikmat yang luar bisa salah satunya teman-teman saya yang menikmati ketegangan saya di depan kelas.

Taklupa sholawat sertas salam kita curahkan pada jungjungan nabi Muhammad SAW kepada keluarga sahabat dan para pengikutnya yang istiqomah semoga kita masuk kedalamnya amin.
(hening)

saya agak ragu kedepan karena sebenarnya masih banyak yang ebih berilmu dari saya, karena ini adalah kewajiban dari pak ust guru kita maka saya taat karena menaati perintah guru itu ibadah. Saya persiapakn kultum ini semoga teman –teman tidak kabur. Kan gak lucu kalau saya udah ngomong hadis lengkap ayat lengkap panjang lebar membahana tapi teman teman pada bubar semua kecuali anwar(menunjuk temnya)

saya tanya wah anwar kenapa kamu gak kabur seperti teman yang lain apa kultum saya menyentuh sehingga kau mau mendengarkan sampai selesai. Dan anwar hanya menjawab singkat setelah kau gilir aku kultum “gubrags”

ya saya ngulur waktu aja sebenarnya. Baik saya akan membawakan tema tentang sedekah, saya liat di tv itu ada istilah sedekah eksidental sedekah yang tak terduga. Contohnya gini saya mau ke anwar lagi. Itung-itung balas dendam minggu kemarin. Jadi anwar bawa uang 155.500, seratus ribu selambar, limapuluh ribu selambar sama limalibu selembar dan limaratus. Kira-kira mau sedekah yang mana? Limaratus? Limaribu? Nah sedekah yang eksidenatal itu pas ada pengemis “ dek belum makan dek” nah awar langsung ambil uang di saku des,,, kasih ke pengemis uang 100rb, pengemis kaget anwar juga kaget wah salah nyambil ini.

Kadang limaribu juga sayang kalau ada yang seribu aja. Nah, ada yang tahu bahwa pahlawan masuk surga. Siapa pahlawan yang pertama masuk surga ? ada yang tahu?

Ya pahlawan patimura karena sering masuk kotak amal.

Orang yang mengeluarkan hartanya untuk ketaatan dan kebaikan akan memperoleh pahala berlipat ganda dari Allah. Perumpamaan keadaanya seperti orang yang menabur sebutir benih unggul di tanah. Dari benih tersebut tumbuh pohon kecil yang terdiri atas tujuh bulir. Pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Inilah gambaran betapa banyaknya pahala berinfak yang diberikan Allah di dunia. Allah melipatgandakan pemberian-Nya untuk orang yang dikehendaki-Nya. Dia Mahaluas karunia, Maha Mengetahui orang yang berhak dan yang tidak berhak. QTS. Al Baqoroh Ayat 261

Nah teman sekalin kalau merujuk ke ayat tadi kalau sedekahnya sedikit ya, baliknya dikit juga tapi kalau sedekahnya banyak balinya banyak juga, semoga sekalas ini bisa sedekah lebih banyak lagi dan jadi ahli sedekah amin, demikian yang bisa saya sampaikan mohon maaf atas kekurangan dan salah kata Asalamulakum warohmatulohi wabarokatuh,

Sekalas menjadi ramai dan tepuktangan dari semua temanya karena mere terhibur dengan kultum si naam dan pak syar’i senyum ternyata anak ini lumayan juga kalau tampil depan umum.

###

Semntara itu di masji kampung naam sebelum pelaksanan shoat jumat khutib di mimbar hanya mengulang ngulang tauz saja. Dambil mencari sesuatu.,, ruapnya buku khutbah yang di cari . tanpa di ketahu DKM setempat terutama petugas khotib hari itu buku khutbah kini sudah  berpindah tangan. Tingal sinaam akan berurusan dengan ketua DKM setempat. Naam, naam ada-ada aja!

Sebuah Cerpen Naam story