survei kebahagiaan

survei kebahagiaan
Kebahagian apa sih makna kebahagian untuk anda? Apa hidup anda sudah benar-benar bahagian? Apakah keluarga anda bagagia?, apakah pekerjaan anda bahagia? Apa lingkungan anda bahagia ? dan banyak rang yang mencari kebahagian itu baik di indonesia maupun di luar negri. Ada yang terus terang ingin mencari kebahagian namun ada yang menyembunyikanya lewat harta dan jabatan dan mencari kebahagian di sana,.

Saya cukup terkejut ketika memaba sebuah survei  Indonesia sebagai negara dengan persentase warganya sangat bahagia adalah India (41 persen) lantas diikuti Meksiko (38 persen), Brasil (33 persen). Selengkapnya lihat tabel:


Dari negara yang disurvei, warga Korea Selatan paling sedikit merasa sangat bahagia yaitu hanya 6 persen diikuti oleh Hungaria (8 persen) dan Italia (9 persen).

Secara regional, proporsi warga negara paling bahagia tertinggi adalah Amerika Latin (31 persen), berikutnya Amerika Utara (25 persen), Timur Tengah dan Afrika (23 persen), Asia Pasifik (22 persen) dan terakhir Eropa (13 persen). Survei Ipsos ini digelar pada 4-18 Desember terhadap 18.153 orang dari 24 negara.

Kenapa demikian? Saya seberarnya tidak tahu tapi obrolan dengan guru saya ternyata yang bahagia itu rata-rata orang menengah kebawah bukan menengah ke atas, ini bisa di lihat dari bukti. Jika orang luar negri datang ke indonesia dan mereka main ke pangkalan beca mereka akan terkagum-kagum kenapa seorang tukang beca (bukan maksud merendahkan) bisa tidur ngorok lagi? Bukankah penghasilanya masih kurang? Bukankah kelurganya butuh biayaya lebih? Kenapa nampaknya mereka nikmat saja menikmati hidup?

Dan memang buktinya tukang beca bisa di katakan bahagia dari seorang PNS yang penghasilanya besar, dan itu memang di buktikan oleh teman saya itu.

Jadi pertanyaanya apa standar kebahagia itu, karena kini pengertian saya tentang kebahagian bergeser bukan lagi harta. 

survei kebahagiaan