Cara menasehati,, mencoba menghormati perasaan orang lain

Cara yang terbaika dalah langsung menasehati dengan jelas dan langsung. Karena itu orang langsung ngerti tapi apakah bisa menerima? Saya orang yang gak suka di nasehati,, benran enatah mengapa namun rasanya gak enak aja. Namun saya salut kepada teman dan saudara saya yang menasehati saya namun saya tidak merasa di nasehati.

Apakah saya terlelu sensitif entahlah hal ini bukan jadi kelemahan saya atau keluhan saya. Hanya saya menyadari bahwa saya mengetahu sakitnya di nasehati dengan cara-cara yang salah. Mulai dari menasehati, menegur di depan orang secara langsung menyebabkan dia malu, di saat makan, sehingga makanan seenak apapun jadi gak enak, saat istirahat, ini akan menyebabkan ada tidak bisa tidur, atau pagi ketika ada sedang membangun emosi positif.


Kalau hanya kesal dan melampiaskan dengan marah-marah gak akan ada gunaya, sekarang saya mengunakan beberapa teknik yang saya pelajari tentang menasehati orang.

Pertama dalah bertanya..
Siapapun tidak akan merasa tergangu jika di tanya ketimbang langsung menujukan apa masud kita sebenarnya. Dengan betanya kita akan melakukan sebuah komunikasi dan kita akan memahami perasaan dia saat itu. Jabanya di samakan dengan pendapat kita bukan di paksakan dengan kalimat kalau menurut saya, hemat saya. Dengan di iringi akibat yang akan kita dapatkan.

Tidak langsung menolak atau mengatakan tidak
Jika seorang meminta anda melakukan sesuatu atau menyuruh. Seharusnya anda tidak langsung mengatakan tidak karena ini akan menjadikan orang akan berpikiran alain. Namun jika kita mengunkan kata tapi ini akan terasa lebih nyaman.


Inilah perasaan sensitif dan bagaimna dia bekerja, jangan sampai kita ingin dia lebih baik marah membuah dia berpikir kita musuh nya

Posting Komentar