Menjadi Remaja Gemilang



Alhamdulillah nih,, ada undangan dari my shine (muslim youth shine = remaja muslim yang bercahaya) untuk sharing ilmu yang mengambil tema menjadi remaja gemilang. Tepat banget tema ini dengan yang sedang saya pelajari. 

Karena udah lama gak sharing-sharing lagi jadi mulai cari referensi lagi. Ya buka sana buka sini untuk memperkuat maeri yang akan saya sampaikan,. Terkait tema ini dua hal yang saya sasar adalah remaja dan gemilang. Saya uapayakan referensi dari quran hadist dan sejarah islam saja… jadi yang berbau kebaratan mungkin ada yg lebih ahli. Karena sebenarnya jadi keritikan tersendiri juga ya,, kita mempelajari dari semua referensi tapi belum dari al quran, tapi belum dari nabi Muhammad ini aneh,, karena seharunya itu dulu perdalam baru yang lain,,

Remaja memang istilah ini kalau di gali dari bahasa arab maupun al quran tidak yang ada adalah pemuda. Istilah remaja sendiri membawa makna tersendiri di kepala kita. Coba apa yang anda pikirkan tentang kata ‘ remaja’ ? apa artinya kenakalan ? susah di atur? Segala ingin tahu, pacaran dll ? maka itu hal yang salah, iya walau kenyataan demikian tapi bagaiman kita mau memperbaiki generasi ini kalau yang ada di bena kita semua keburukan yang terkait remaja? Yang ada buruk sangka saja dan tidak percaya dengan kemampuan remaja. 

Kalau di lihat survei-survei yang tertanam di benak kita itu kan berawal di amerika yang jelas bukan islam dengan budaya kebebasannya. Maka sudah pasti hasilnya remaja yang urakan dan hura-hura lihat saja di filmnya. Gak ada gambaran baik tentang remaja. Namun kalau kita lihat di lingkungan islam dengan keluarga islami dan pendidikan islam maka hal demikian akan kita temukan persentasi sangat kecil. Jadi islam dengan metode pendidikannya saja bisa menjadikan remaja lebih baik. Itu dari fakta sekarang, bagaiaman menurut al quran ?

Al quran sebagai petunjuk memuat 1/3 isi adalah kisah atau sejarah (berarti sejarah punya peran penting) dan yang menarik adalah dalam kisah tadi memuat peran remaja pemuda. Berbagai contoh dan pelajaran untuk kita. Diantaranya ketika nabi ibrahim menghancurkan berhala, ketika nabi musa melarikan diri ke negri madyan dari firaun, kisah ashabul kahfi, kisah ismail, kitah kan’an anak nabi nuh, kisah kabil dan qobil. Dll. Itu semua di usia pemuda.

Dan pemuda adalah sebuah kekuatan di antara dua kelemahan. Kelemahan ketika masih kanak-kanak dan kelemahan ketika sudah tua seperti yang kita tahu semakin tua maka nikmat Allah akan semakin berkurang dari mulai tenaga, pancaindra dll. Dengan demikian pemuda adalah kekuatan yang terbatas waktunya hendaknya di manfaatkan sebaik mungkin. Jika usia muda di jadikan menunu ilmu, berdakwah dan beribadah pada Allah akan sangat berbeda hasilnya dengan sudah tua atau kanak-kanak…

Kekuatan ini yang bisa membangun negri, kekuatan ini yang bisa membuat gemilang sesui tema di atas, seandainya judulnya orang tua gemilang agak sulit mencari contohnya. Sehinga islam faham betul pemuda adalah kekuatan maka islam ini fondasi pertama adalah pemuda remaja yang bersama rasulluwlah . kita akan masuk sejarah. Bagaimana bisa gemilang?

Jika kita ingin membuat atau menunjukan sesuatu enaknya membicarakan teknisnya atau contohnya.? Keduanya penting namun ketika menjelaskan teknis panjang lebar tanpa contoh yang ada pusing deh,,, nah untuk menjadi remaja gemilang kita lihat contoh saja yaitu bukti sejarah. Jika kita bicara teori ini dan itu yang belum terbukti hanya buang waktu saja, mari kita lihat yang sudah terbukti.
Menjadi remaja gemilang jujur saya ketika mendengar tema ini yang terpikir adalah gemilang/unggul  untuk diri sendiri, lingkungan atau keluarga. Tapi contoh yang saya sampaikan gemilang untuk seluruh dunia bahkan sampe ke akherat, wow… maaf ini contohnya gak bisa di perkecil ke sekala keluarga atau lingkungan saja. gemilang yang di contohkan terbukti sampai ke 2/3 dunia gemilang yang menghasilkan 20 juta km daerah kekuasaan yang di taklukan hanya 60 tahun lebih saja, gemilang yang ilmunya menjadi dasar teknologi mutahur saat ini. Ke gemilangan apa itu. Itulah islam. 

Semua ke gemilangan itu muncul diawali dari remaja. Kisah penaklukan konstantinofel oleh muhammad al fatih jangan lupa itu juga pemuda di usia 21 tahun. Penaklukan madinah, mekah, rasullu senagtiasa dengan pemuda dan remaja yang sekali lagi di sanalah kekuatan itu ada. Namun ketika pemuda remaja itu di lemahkan di bius maka tidak ada guna kekuatan hanya di gunakan untuk hawa nafsu tawuran, mementingkan ego, birahi dll yang seharusnya bukan itu seandainya kembali pada islam.

Jadi apa yang melemahkan remaja itu?
Sebnarnya tidak harus saya cerita panjang lebar karena biasanya kita sudah pernah dengar atau sudah bisa menebak apa saja. Saya ingin lebih bagaiaman kekuatan itu bisa di kelola dan di kembalikan. Sebenarnya menjelaskan kesalahan remaja hanya sebuah penghakiman bagi audience jadi kurang baik lebih baik kita cari inspirasi dan teladan saja. 

Nah itulah yang ada di kepala saya terkait menjadi remaja gemilang saya akan cari referensi lagi agar pembahasan ini bisa lebih menarik dan bermanfaat mudah-mudahan jadi jalan hidayah untuk kita istiqomah mengembalikan kemulyaan islam amin,,

Posting Komentar