Thursday, 15 January 2015

Ilustrasi Pengolahan Materi Presentasi

Salah satu keahlian yang harus di kuasai oleh seorang trener motivator atau semua yang berhubungan dengan pembicara di depan public adalah kemempuan mengolah materi yang akan di sampaikan menjadi Mudah di pahami dan lebih sederhana untuk di sampaikan ini seperti seorang koki memasak. Menyiapkan materi yang akan di sampaikan bagaikan masakan yang akan di sajikan di hidangkan. Jangan bertanya bagaimana cara menghidangkanya tapi tanya makanya apa yang akan di hidangkan. Semewah apapun penyajian jika makanan tidak enak maka bubar juga. Maka pandai-pandailah meramu materi. Sehinga selanjutnya kita akan bahas penyajianya.


Untuk melatih pengolahan materi salah satunya dengan menulis. Ya, dengan menulis kita akan tahu gambaran materi yang akan kita sampaikan, mulai dari opening, menemukan permasalahnya dan solusinya, hingga kita bisa sampai pada kesimpulan. Dalam pengolahan materi mengandalkan berpikir. Jadi kalau di biasakan berpikir tentang materi yang akan di sampaikan, maka kita akan semakin mudah membuat materi lainya karena sudah keterbiasaan. Jadi bagi yang ingin menjajal keahlian ini sangat mudah cukup banyak menulis dan merumuskan masalah.

kalau di rumah itu ada ruangan ruangan. Maka dalam presentasi apapun ada ruangan ruangan. Pertama ruangan opening, yaitu menemukan why, kenapa materi ini penting untuk di dengarkan oleh audiens dengan sudut pandang audiens di sini kita membangun kebutuhan materi yang akan kita sampaikan untuk audiens sehingga mereka merasa penting dengan materi yang akan kita sampaikan sehingga mereka memperhatikan.

Ruang yang kedua tentu saja what yaitu apa yang akan kita sampaikan dan ruang ke tiga adalah how to di sini kita sampaikan kesimpulan, solusi atau cara supaya menjawab what tadi, inilah yang ruang ruang yang harus di bangun oleh seorang pemateri. Jika kita punya sebuah tema, atau ide maka itu ibarat tanah kosong di atasnya kita harus bangun ruang ruang, sehingga orang bisa mudah untuk mengikuti alur yang kita sampaikan.


Dari tulisan ini saya mencoba memaparkan pengolahan sebuah materi dengan banyak ilustrasi,, ini metode agar apa yang kita sampaikan bisa di mengerti.. tapi, bagimna tulisan saya bisa di mengerti atau malah terlalu banyak ilustrasi ? terimakasih sudah membaca.

SHARE THIS

Author:

Makasih yang udah baca berkunjung di penuhkesukuran. jika ada masukan makasih ya,, semoga bisa dakwah lebih baik sekali-kali kunjungin lah IG : ridwanfan

0 komentar: